Indonesia International Book Fair 2023

Ketika buku menjadi sumber dari semua aktivitas kreatif, ketika pameran buku menjadi judul dari pameran industri kreatif, kita memerlukan lebih dari sebuah book fair. Kita membutuhkan book affair! Diperkaya oleh program-program kebudayaan dan edukasi, IIBF menjadi ajang pertemuan antarpenerbit dan pelaku industri kreatif lainnya di tingkat nasional maupun internasional. IIBF juga menjadi sarana para penerbit dan pelaku industri kreatif untuk berinteraksi dengan konsumen. Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 berlangsung secara virtual dan mendapatkan subnama Edisi Virtual. It’s a book e-fair. Acara ini menggunakan beberapa platform digital, yaitu portal utama berupa website www.indonesia-bookfair.com, akun-akun media sosial IIBF di IG, twitter, facebook, dan youtube; serta bekerja sama dengan Shopee sebagai penyedia platform jual-beli (marketplace).

 

Pelaksanaan

Rabu – Minggu, 27 September – 01 Oktober 2023

Pukul 10.00 – 22.00 WIB

Hall 1, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City

 

Indonesia International Book Fair (IIBF)

IIBF adalah tempat pertemuan, acara strategis dan bergengsi bagi peserta pameran untuk mempromosikan sastra, seni, budaya, dan semua konten kreatif lainnya melalui perizinan hak dan sarana kerjasama lainnya.

IIBF 2020 Edisi Virtual bukan hanya pameran maupun pasar buku. Ini adalah segala urusan buku: yaitu tempat pertemuan untuk promosi internasional, transaksi, serta interaksi antara penerbit, penulis, pembaca, agen sastra, pustakawan, aktris, pendidik, dan profesional industri kreatif lainnya di Indonesia.

1. Merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

2. Diselenggarakan pertama kali tahun 1980, tahun 2020 adalah penyelenggaraan yang ke-40.

3. Sejak tahun 2014 bertransformasi menjadi pameran buku berskala internasional.

4. IIBF merupakan pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi nasional maupun internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya.

5. Bagi partisipan domestik, adalah gerbang menuju pasar global; bagi partisipan asing, adalah gerbang memasuki pasar raksasa di Asia Tenggara.

6. Terkait situasi pandemi Covid-19, IIBF 2020 berlangsung virtual secara penuh, namun tetap menghadirkan atmosfer IIBF reguler sebelumnya. IIBF Edisi Virtual tetap menjafi gerbang untuk berdiskusi, mengikuti peluncuran buku baru, bertemu penulis ternama, mengikuti pelatihan dan seminar, bertransaksi hak cipta terjemahan, maupun membeli buku-buku dari peserta pameran. IIBF 2020 Edisi Virtual  mengusung slogan: It’s a book e-fair.

 

Indonesia Rights Fair (IRF)

Indonesia Rights Fair (IRF) adalah program khusus di IIBF untuk transaksi hak cipta (copyrights). IRF diselenggarakan tanggal 27-29 September 2023.

Di IRF, para penerbit, penulis, dan content creators dapat saling mempromosikan buku atau karyanya, melakukan transaksi hak cipta agar buku dan karyanya dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, melakukan kerja sama penerbitan bersama (co-publishing), serta kerja sama dalam berbagai hal. Panitia juga akan memberikan fasilitas penggunaan meeting room bagi peserta IRF selama 2 jam untuk melakukan business meeting dengan client.

 

Guest of Honour

Guest of Honour (Tamu Kehormatan) adalah negara yang menjadi tamu kehormatan pada Indonesia International Book Fair. Negara yang menjadi GoH berkesempatan memperkenalkan literasi, budaya, teknologi, serta buku kepada masyarakat Indonesia.

GoH telah ada sejak penyelenggaraan IIBF tahun 2014. Saat itu yang menjadi GoH adalah Arab Saudi. Kemudian pada IIBF 2015, Korea menjadi GoH. Diikuti oleh Malaysia, yang menjadi GoH pada IIBF 2016. Pada IIBF 2018, Arab Saudi kembali menjadi GoH.

Pada IIBF 2023, Korea kembali menjadi Guest of Honour.

 

Peserta

  • Penerbit dalam dan luar negeri Toko Buku
  • Perpustakaan
  • Distributor Buku
  • Lokapasar (marketplace)
  • Lembaga Pendidikan
  • Lembaga Pemerintahan
  • Taman Bacaan Masyarakat
  • Komunitas Perbukuan

 

Ragam Acara

  • Peluncuran Buku
  • Diskusi Buku
  • Temu Penulis
  • Seminar Perbukuan
  • Business Matchmaking
  • Indonesia Rights Fair
  • Penganugerahan Ikapi Awards