Rumah adalah tempat bagi berkumpulnya keluarga, sebuah rumah bagi keluarga tidak hanya dihuni oleh diri mereka masing-masing. Banyak yang singgah silih berganti, baik itu tetangga, teman, kerabat ataupun sanak saudara. Sebagai mahasiswa, KMSI (Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia) adalah tempat yang menanungi kami. Seperti halnya rumah, tidak hanya keluarga kami yang berada di dalamnya. Sudah sewajarnya jika kami saling menyapa dan menolong, salah satunya adalah dengan membuka pintu.

Membuka pintu bagi kami merupakan cara untuk saling menyayangi, seperti halnya pepatah yang mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” kami bermaksud memperkenalkan diri di dalam rumah kami. Mengundang tetangga, teman, kerabat ataupun sanak saudara kami. Kami akan menyelenggarakan acara perkenalan anggota kepengurusan baru yaitu Sastra Buka Pintu. Sastra Buka Pintu adalah agenda tahunan kami yang bertujuan untuk memulai dan  memperkenalkan kepengurusan baru KMSI UNY.

Mengusung tema “Tumbuh” yang dapat dimaknai seperti pohon yang semakin lama menjadi semakin tinggi, manusia juga selalu tumbuh dan beregenerasi. Dalam prosesnya, pertumbuhan tidak dapat dilakukan sendiri. Pohon memerlukan asupan energi dari bumi, air, udara dan matahari. Oleh karena itu kami mengajak teman-teman semua untuk bersinergi bersama-sama merayakan pertumbuhan dan regenerasi kami sebagai Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia.

Acara ini terbuka untuk umum dan dimeriah oleh tetangga, teman, kerabat dan sanak saudara kami tercinta dari Fakultas Bahasa Seni UNY yaitu HIMA PBSI, HIMA SETA, EDSA, HIPER, SANGKALA, BDS dan tentunya penampilan khusus dari kami selaku tuan rumah melalui SASMITA MUSIK. Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Maret 2019 bertempat di Pendopo Tedjokusuma dari pukul 19.00 – Selesai.